tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Monitoring Kerja Praktik Mahasiswa Teknik Pertanian di Jember tahun 2019
Wednesday July 24th, 2019
0

Kerja Praktik (KP) merupakan salah satu mata kuliah wajib di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) dengan bobot 2 SKS. Kuliah tersebut diwujudkan dalam bentuk magang di instansi mitra baik swasta maupun milik pemerintah yang memiliki kegiatan utama revelan dengan bidang Teknik pertanian dan biosystem. Selama sebulan penuh, mahasiswa mempelajari berbagai aktivitas yang menjadi kegiatan utama (core business) dari instansi tempat kegiatan KP berlangsung. Selain itu, mahasiswa juga dituntut untuk mengkaitkan materi kuliah yang telah diambil sebelumnya dengan penerapannya langsung di tempat KP. Untuk memastikan bahwa kegiatan KP dapat berlangsung sesuai dengan harapan serta untuk mempererat kerjasama mitra dengan departemen, DTPB melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi. Monitoring dan Evaluasi KP di wilayah Jember, Jawa Timur dilakukan pada 2 mitra, yaitu PT. Mitratani dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao. Pada kegiatan ini, DTPB menugaskan dua Dosen yaitu Dr. Radi, STP., M.Eng. dan Yudha Prasetyama, ST., M.Eng. Kegiatan monev dilaksanakan pada tanggal 17-18 Juli 2019.

Monitoring Kerja Praktik di PT. Mitratani Dua Tujuh

Kegiatan monev KP pertama dilakukan dengan mengunjungi PT. Mitratani Dua Tujuh yang beralamat di Jl. Brawijaya 83 Mangli, Jember. Kunjungan monev ini diterima oleh Bapak Edy Zen Yuliantoko selaku kepala divisi Quality Issurance (QA), PT. Mitratani Dua Tujuh. Kegiatan monev juga dihadiri oleh tiga mahasiswa DTPB yang sedang melaksanakan kegiatan KP di perusahaan tersebut. Dalam diskusi, Bapak Zen biasa disapa, menerangkan tahapan KP di industry pengekspor buah edamame tersebut, meliputi kegiatan on farm dan off farm. Dalam penjelasannya, pihak Mitratani menguraikan tahapan yang harus diikuti mahasiswa, yaitu mereka harus mempelajari proses budidaya tanaman edamame termasuk kegiatan mekanisasi yang dilakukan. Disamping itu, mahasiswa harus menguasai kegiatan pengolahan edamame hingga tahap pengemasan dan penyimpanan sebelum dikirim ke negara tujuan ekspor. Kegiatan monev ini diakhiri dengan kunjungan pabrik, dimulai dengan melihat tanaman edamame di lahan percobaan, melihat Gudang penyimpan (cold storage) hingga proses penanganan awal buah edamame termasuk kegiatan kontrol mutu buah edamame segar termasuk kegiatan sortasi. Setelah itu, kegiatan monev KP dilanjutkan dengan kegiatan foto bersama.

Monitoring kerja praktik di Puslit KoKa

Kegiatan movev KP kedua dilaksanakan di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslit KoKa) Jember. Kunjungan diterima langsung oleh Ibu Ariza Budi Tunjung Sari, S.TP., M.Si., selaku kepala bagian Penelitian Puslit Koka. Melalui paparannya, pihak puslit menjelaskan prosedur pelaksanaan KP di tempat tersebut. Sebagai Lembaga riset, mahasiswa yang melaksanakan KP di Puslit harus melaksanakan aktivitas sesuai dengan penugasan yang diberikan dan tentunya penugasan tersebut menyesuaikan dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh puslit. Selama KP berlangsung, mahasiswa dwajibkan untuk bekerja secara professional selayaknya pekerja lain di puslit Koka. Puslit berharap dengan ketentuan tersebut, mahasiswa dapat merasakan aktivitas dunia kerja sehingga akan menjadi pengalaman yang berharga ketika nantinya telah menyelesaikan kuliah dan masuk dunia kerja. Setelah audiensi selesai, kegiatan diakhiri dengan wisata keliling kebun dan pabrik yang disediakan oleh pihak Puslit.

Kontributor dan foto : Radi

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.