tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Monitoring Kerja Praktik Mahasiswa Teknik Pertanian di Blitar
Thursday July 25th, 2019
0

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) berusaha agar lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan. Salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi lulusan adalah dengan memberikan proporsi praktik bagi mahasiswa selama menjalankan kuliah di Program Studi Teknik Pertanian. Kerja praktik merupakan bagian dari kurikulum yang salah satu tujuannya untuk memperkenalkan dunia kerja bidang teknik pertanian kepada mahasiswa.
PT Nusantara Segar Abadi (NSA) merupakan salah satu bagian dari grup Great Giant Food yang memproduksi buah-buahan terutama pisang segar. Di perusahaan ini ilmu teknik pertanian diterapkan secara luas pada proses produksi buah-buahan mulai di lahan sampai pada proses pengemasan dan transportasi.

Kunjungan ke lahan perkebunan pisang

Empat orang mahasiswa teknik pertanian melaksanakan kerja praktik di PT NSA selama satu bulan untuk mempelajari praktik teknik pertanian pada produksi buah-buahan. DTPB menugaskan dua orang dosen yaitu Dr. Murtiningrum dan Redika Ardi Kusuma, STP., M.Sc. untuk mengunjungi PT NSAuntuk memonitor pelaksanaan kerja praktik mahasiswa. Disamping itu, kunjungan juga dimaksudkan untuk menjalin kerjasama dengan PT NSA.
Dosen DTPB diterima oleh HRD PT NSA Iwan Jumrotul Abadi, SP. dan manajer kebun Ir. Rahman. Disamping tentang pelaksanaan kerja praktik, diskusi yang hangat terjadi tentang potensi dan kendala produksi buah segar di Indonesia serta peran ilmu teknik pertanian di dalamnya. Kunjungan diakhiri dengan peninjauan lapangan di lahan budidaya pisang, stasiun pengemasan, dan lokasi pembibitan.

Penyerahan cindera mata dari DTPB

Kontributor: Murtiningrum

Foto: Redika Ardi Kusuma

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.