tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Monitoring Kerja Praktik Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem UGM di PT. Gendhis Multi Manis Blora Jawa Tengah
Friday July 26th, 2019
0

Blora 16 Juli 2019, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran kepada mahasiswa dengan memberikan bekal Ilmu dan Pengetahuan serta pengalaman dunia kerja melalui Mata Kuliah Kerja Praktik (KP). Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan agar mahasiswa melaksanakan langsung bidang teknik pertanian dan biosistem yang dilaksanakan di lapangan. Selama sebulan penuh, mahasiswa mempelajari berbagai aktivitas yang menjadi kegiatan utama (core business) dari instansi tempat kegiatan KP berlangsung.

Sejumlah lima Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem UGM mengambil tempat KP di PT Gendhis Multi Manis (PT. GMM – BULOG) Blora, pabrik gula berbasis tebu pertama yang di bangun di Indonesia selama 35 tahun terakhir, sejak tahun 1982 dan mulai beroperasi (commisioning) pada pertengahan tahun 2014. PT GMM – BULOG mempunyai kapasitas giling tebu sebanyak 4.000 TCD (Tones Cane Day) expandable hingga 6.000 TCD (Tone Cane Day) dengan design proses yang digunakan adalah dengan menggunakan pemurnian Defekasi Remelt Karbonatasi.

Rombongan diterima oleh Direktur Operasional, Bp Ihsan

Untuk memantau pelaksanaan KP serta untuk mempererat kerjasama mitra dengan departemen, DTPB melakukan kegiatan Monitoring dan Evauasi KP. Pada monitoring KP di PT. GMM- BULOG Pada tanggal 16 Juli 2019. DTPB menugaskan tiga Dosen yaitu Dr. Ir. Nursigit Bintoro, M.Sc., Andri Prima Nugroho, Ph.D., dan Ansita Gupitakingkin Pradipta, ST., M.Eng.

Rombongan diterima secara langsung oleh Direktur Operasional, Bp. Ihsan, yang menyambut baik adanya program kerja praktik. Ihsan mengatakan : “ Mahasiswa sekarang harus berani, mengambil keputusan dan inovasi dalam peyelesaian masalah, salah satu wahana melihat keadaan di lapangan adalah dengan program magang atau kerja praktik”.

Penyerahan cinderamata kepada Direktur Operasional oleh Dr. Nursigit Bintoro

Selain sharing mengenai dunia kerja kepada tim dosen DTPB, Pak Ihsan juga menceritakan harapan kepada adik-adik mahasiswa untuk memajukan bidang pertanian di masa yang akan datang.

Kunjungan ke Pabrik Gula bersama adik-adik mahasiswa

Acara monitoring dan evaluasi ditutup dengan melihat secara langsung proses produksi gula di PT. GMM-BULOG mulai dari penerimaan tebu sampai dengan tahap pengemasan. Adik-adik mahasiswa KP terihat bersemangat dalam menjelaskan kepada Bapak/Ibu dosen mengenai apa yang sudah dialami dan dipelajari di PT. GMM- BULOG. Semoga dengan adanya KP ini dapat memberikan manfaat untuk kedua belah pihak.

Kontributor & Foto : AN

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.