tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Berperan pada Penyusunan Buku Teks di Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
July 23, 2019
0

Pendidikan yang bermutu memerlukan dukungan sumber pembelajaran yang berkualitas pula. Itulah yang menjadi salah satu alasan dari Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang sejumlah pihak untuk berperan serta dalam penyediaan buku teks pelajaran untuk program keahlian (C2) pada jenjang sekolah SMK/MAK Tahun 2019 ini. Beberapa pihak (stake holder) yang diundang dalam kegiatan penyusunan buku tersebut meliputi tenaga pengajar (guru) SMK/MAK dan Perguruan Tinggi termasuk Asosiasi Profesi terkait dengan Program Keahlian yang dibuka oleh Pemerintah saat ini. Pelibatan banyak stake holder diharapkan dapat menghasilkan buku Teks yang bermutu, merata, dengan harga terjangkau (mutu-murah-merata). Tahun 2019, Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sedang berkonsentrasi untuk menyusun buku teks untuk program keahlian (C2), salah satunya adalah buku teks untuk pelajaran Pengoperasian Dasar-Dasar Perbengkelan Pertanian.

Peserta pelatihan tim penyusunan buku teks program keahlian (C2) SMK/MAK 2019

Dalam kegiatan tersebut, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem menugaskan Dr. Radi, STP., M.Eng. untuk mengikuti kegiatan seleksi calon penyusun buku teks Pengoperasian Dasar-Dasar Perbengkelan Pertanian. Melalui serangkaian seleksi yang meliputi tes tertulis, tes wawancara, Dr. Radi, STP., M.Eng. terpilih sebagai salah satu Penelaah buku teks untuk mata pelajaran tersebut. Setelah proses seleksi dan penetapan, calon terpilih diberi pelatihan penulisan buku teks yang diselenggarakan selama 3 hari, mulai 10 hingga 13 Juli 2019 di Hotel Grand Mercure Ancol. Kegiatan pelatihan diikuti oleh sekitar 80 peserta yang terdiri dari Penulis, Penelaah dan Pendamping.

Tim Penyusun Buku Teks Pengoperasian Dasar-Dasar Perbengkelan Pertanian

Kontributor dan foto: Radi

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.